Tue. Apr 20th, 2021

Apa Itu Karya Ilmiah: Ciri-Ciri Karya Ilmiah

Apa Itu Karya Ilmiah: Ciri-Ciri Karya Ilmiah

Apa Itu Karya Ilmiah: Ciri-Ciri Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah sebuah laporan tertulis yang memaparkan hasil dari sebuah penelitian atau pengkajian yang dilakukan oleh mahasiswa atau dosen baik individu atau team yang nantinya akan diterbitkan. Penulisan karya ilmiah harus memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang ditetapkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Karya ilmiah berbeda dengan tulisan non-ilmiah. Jenis karya tulis ilmiah yang populer antara lain artikel, makalah, paper, skripsi, tesis dan disertasi. Setiap jenis memiliki struktur susunan berbeda. Artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri karya ilmiah.

Ciri-Ciri Karya Ilmiah yang Memberdakannya Dengan Tulisan Non-Ilmiah

1. Tidak Ambigu dan Reproduktif

Reproduktif mengcau pada makna bahwa karya ilmiah yang dibuat harus dimaknai dan diterima oleh pembaca sesuai dengan tujuan/makna yang ingin disampaikan penulis.

Masih erat hubungannya dengan makna reprodduktif, tidak ambigu yang dimaksud adalah karya ilmiah yang ditulis harus memberikan pemahaman yang detail dan tidak menggunakan bahasa content writer profesional yang membingungkan sehingga tujuan penelitian tersebut tersampaikan secara langsung dan jelas.

2. Objektif dan Hindari Kesan Emotif

Ciri-ciri karya ilmiah ini dimaksudkan bahwa karya tulis ilmiah yang dibuat tidak meleibatkan aspek perasaan penulisnya karena karya ilmiah harus memaparkan fakta dari hasil penelitian yang berisifat objektif dan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.

3. Menggnunakan Bahasa yang Baku dan Pedoman Penulisan yang Baik dan Benar

Bahasa baku bertujuan agar tulisan tersebut mudah dipahami dan tidak menimbulkan makna yang ambigu sehingga tujuan karya ilmiah tidak tersampaikan kepada pembaca.

Kaidah keilmuan atau pedoman penulisan karya ilmiah adalah panduan yang harus ditaati dalam proses penulisan karya ilmiah sehingga sesuai dengan struktur yang baku. Hal ini juga digunakan untuk menunjukan kapabilitas peneliti dalam kajian karya ilmiah.

4. Berkohesi dan Menggunakan Kalimat yang Efektif

Ciri-ciri karya ilmiah kohesi yang dimaksud adalah adanya kesinambungan antara bab yang satu dengan yang lainnya sehingga alur karya tersebut tepat sasaran. Kalimat yang efektif akan membantu terbentuknya kohesi dalam sebuah karya ilmiah. Pengunaan kalimat yang efektf akan membantu pembaca memahami tujuan karya ilmiah yang dibuat tanpa terbentuknya kebingungan atau makna ganda.

Karya tulis ilmiah adalah tulisan yang berisikan data nyata yang relevan dengan topik yang telah ditentukan oleh penulis. Karya ini pastinya berbeda dengan karya non-ilmiah karena memiliki alur struktur yang harus dipertanggungjawabkan. Ciri-ciri karya ilmiah diatas dapat membantu anda untuk membedakan antara karya ilmiah dan non-ilmiah. Semoga membantu!