Mon. Sep 21st, 2020

Apa Sih Pengertian Video Iklan itu?

video_

Ketika Anda melihat tv, membuka internet lalu ke media sosial ataupun ke platform yang menampilkan video yang berisi mengenai suatu promosi. Umumnya, video promosi tersebut dilakukan oleh pelaku usaha dengan tujuan agar bisa mendatangkan pengunjung. Namun, tahukah Anda apa itu video iklan? Untuk tahu lebih jelasnya, Anda bisa membaca informasi berikut ini.

Pengertian Video Iklan

Video iklan merupakan video yang berisi informasi menarik mengenai produk yang ditawarkan oleh instansi atau perusahaan. tujuannya adalah untuk mendorong, membujuk ataupun membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik dengan produk tersebut. Bisa jadi membeli produk, menggunakan jasa ataupun ikut serta dalam suatu event yang diadakan.

Video iklan juga bisa bertujuan untuk mengenalkan suatu produk, baik barang ataupun jasa. Kemudian video tersebut dikemas dengan kata-kata atau visual yang menarik sehingga akan membuat orang lain tertarik melihatnya atau melakukan sesuatu.

Jika video iklan bisa tepat sasaran, maka tidak hanya akan meningkatkan keuntungan untuk perusahaan namun juga meningkatkan pengetahuan produk ke masyarakat luas. Dengan begitu, masyarakat yang melihat video Anda akan tahu mengenai produk yang Anda tawarkan di iklan tersebut.

video iklan di youtube
video iklan di youtube

Jenis Video Iklan

Iklan tidak semuanya soft selling atau hard selling karena ada pula video iklan yang bukan jualan, misalnya untuk meningkatkan brand awareness. Ada 2 kategori dari video iklan yang harus Anda tahu, yaitu:

  1.   Berdasarkan Isinya

Jika berdasarkan pada isinya, ada 3 jenis video iklan yaitu:

  • Iklan pengumuman: berisi mengenai ajakan atau untuk menarik orang atas suatu pemberitahuan atau pengumuman tertentu.
  • Iklan penawaran: iklan ini berisi mengenai suatu penawaran. Tujuannya adalah untuk mempromosikan suatu produk kepada banyak orang.
  • Iklan layanan masyarakat: jenis iklan ini berisi mengenai suatu informasi untuk masyarakat. Misalnya cara tepat untuk menjaga jarak selama masa physical distancing.
  1.   Tujuannya

Ada 2 jenis iklan berdasarkan pada tujuan penggunaannya, yaitu:

  • Iklan bisnis: iklan yang dipergunakan untuk tujuan bisnis atau untuk komersil. Misalnya agar produknya terjual sehingga memenuhi target yang dibuat.
  • Iklan non komersial: jenis iklan ini memiliki tujuan bukan untuk keuntungan dan hanya sekedar menyampaikan suatu informasi saja. Misalnya video tentang, tips memilih jasa video animasi.

Selain 2 jenis video tersebut, ada pula video iklan yang ditayangkan lewat online dan juga offline. Baik online maupun offline, keduanya sama-sama mampu memberikan pengaruh untuk pengiklan. Namun bedanya, budget yang diperlukan untuk biaya video iklan offline lebih besar. Jadi Anda harus memeprtimbangkan hal ini sebelum melakuaknnya.

Itulah sekilas mengenai video iklan. Semoga informasi ini membantu Anda ya.