Tue. Jan 26th, 2021

Bagaimana Cara Menentukan Materi Karya Ilmiah?

Bagaimana Cara Menentukan Materi Karya Ilmiah?

Bagaimana Cara Menentukan Materi Karya Ilmiah?

Karya tulis ilmiah adalah kegiatan menulis dalam bentuk lembaran dengan didukung data hasil penelitian yang dapat menunjang sifat ilmiah karya tersebut dan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya. Karya tulis ilmiah merupakan gagasan orisinil penulis mengenai sebuah topik relevan yang diangkat. Selain topik dan data ilmiah, karya ilmiah juga membutuhkan materi. Penentuan materi ini dibiasanya dilakukan pada tahap pra-penelitian. Materi karya ilmiah akan menjadi acuan pengembilan data di lapangan.

Langkah-Langkah Mersiapan Materi Karya Ilmiah

Terdapat tiga langkah utama pada tahap ini yaitu :

  1. Penentuan topik/masalah yang akan diangkat

Pemilihan topik yang jelas dan spesifik dapat ambil dengan menggunakan cara-cara berikut:

  • Merumuskan tujuan : tahap ini digunakan untuk menentukan apa yang akan ditulis, terget pembaca dan bagaimana bahasannya.

  • Menentukan topik : tahapan ini menjabarkan ide-ide yang akan dibahas.

  • Menelusuri topik : tahap ini digunakan untuk memfokuskan topik yang diambil agar saat penulisan tepat sasaran dan tidak menyebar terlalu jauh dari cakupan.

  1. Identifikasi Pembaca Karya Ilmiah

Penulis karya tulis ilmiah memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi secara jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Oleh karena itu, anda sebagai penulis harus tau siapa target pembaca karya kalian.

  1. Menentukan Cakupan Isi Materi Karya Ilmiah

Cakupan materi karya ilmiah merupakan jumlah, jenis, keluasan atau kedalaman tentang infromasi yang akan disajikan dan dicantumkan ke dalam karya ilmiah. Cakupan ini akan ditentukan oleh rumusan masalah dan tujuan penelitian. Hal ini berfungsi agar cakupan materi tepat sasaran.

Pengumpulan Informasi Materi Untuk Penulisan Karya Ilmiah

  • Memanfaatkan Perpustakan Sebagai Ladang Informasi

Bagi kalangan akademisi, perpustakaan adalah sumber data dan informasi. Secara umum, materi karya ilmiah tidak murni muncul dari gagasan kita sendiri. Kadang gagasan ini didikung oleh gagasan penelitian lain yang sejalan atau masih berkaitan. Sumber gagasan lain ini dapat anda temukan pada buku, jurnal dan sebagainya.

Pengumpulan informasi materi ini dapat anda temukan melalui referensi dari perpustakan dengan cara mencari buku dengan card atau online catalog, membuat ringkasan, membuat kutipan, dan memeriksa pustaka yang telah diperoleh.

  • Melakukan Wawancara Untuk Memperoleh Informasi

Wawancara adalah teknik pengumpulan data dengan mengajukan pertanya secara langsung kepada narasumber. Dalam penerapannya, terdapat empat hal yang harus diperhatikan yaitu menentukan oraang yang tepat untuk menjadi narasumber, mempersiapkan pedoman petunjuk wawancara, melaksanakan wawancara dan mengolah data hasil wawancara untuk bahan pertimbangan karya ilmiah

Materi karya ilmiah adalah aspek atau media perantara yang digunakan untuk jembatan penjabaran topik karya tulis ilmiah dalam sebuah tulisan. Penyusuan dan penentuan materi ini tidak boleh dilakukan sembarangan karena akan perpengaruh pada keakuratan dan keilmiahan tulisan tersebut. Semoga penjelasn ini membantu anda!