Mon. Aug 10th, 2020

Biarkan Typo, 5 Hal Ini Mengancam Anda!

Typo memang terlihat sederhana namun seringkali hal tersebut berakibat sangat fatal. Typo itu sendiri merupakan kesalahan dalam mengetik suatu kata, tidak hanya di komputer namun juga pada tulisan apapun, termasuk di kertas. Sayangnya, kesalahan dalam penulisan tersebut bisa berakibat buruk bahkan fatal.

5 kerugian fatal yang bisa mengancam Anda karena membiarkan typo adalah sebagai berikut ini:

  1.   Kerugian FInansial

Typo tidak hanya berlaku untuk huruf namun juga angka. Kesalahan penulisan angka akan membawa kerugian finansial. Misalnya, baju yang harganya Rp 100.000, Anda tulis dengan harga Rp 10.000. Ketika Anda mengatakan pada konsumen, Anda akan susah untuk mengelak karena memang harga yang dituliskan adalah Rp 10.000. Jika jumlahnya kecil mungkin tidak akan terlalu berarti. Namun, jika jumlahnya mencapai ratusan juta, maka Anda harus menanggung jumlah yang besar.

typo
typo. pic: lampost.co
  1.   Kerugian Waktu

Karena adanya typo, Anda harus mengecek satu-satu dokumen yang sudah susah payah Anda tuliskan. Jika hanya 1 halaman, Anda akan mudah untuk menemukannya, namun jika mencapai 100 halaman, bagaimana Anda menemukannya? Mau tidak mau harus dibaca ataupun di cek secara online.

Waktu yang harusnya bisa digunakan untuk menulis, justru dihabiskan untuk mengecek typo. Ini akan jadi kerugian untuk Anda terutama jika deadline semakin dekat.

  1.   Kehilangan Data

Ada beberapa jenis program yang membutuhkan ketepatan seperti excel. Kesalahan dalam penulisan data bisa membuat perintah atau program tidak bisa berjalan dengan baik. Akibatnya, jika hal tersebut terjadi secara terus menerus dan menggunakan command line, Anda akan kehilangan data.

  1.   Menjatuhkan Nama Baik

Sepele, namun typo bisa membuat nama baik anda ataupun orang lain yang terlibat menjadi jatuh. Misalnya di dalam kontes Miss Universe 2013, karena kesalahan input yang dilakukan oleh penyelenggara, Denise Garrido menjadi juara. Padahal, seharusnya gelar tersebut adalah milik RIza Santos. Karena kesalahan tersebut, akhirnya gelar pemenang dicabut dan diberikan ke RIza Santos.

  1.   Kehilangan Nyawa

Menakutkan memang, namun typo bisa membuat seseorang kehilangan nyawanya. Hal ini terjadi di tahun 2013 di New South Wales, Australia. Kala itu seorang balita harus meninggal karena kesalahan pengetikan waktu yang dilakukan oleh operator yang menerima panggilan. Dari panggilan tersebut, seharusnya rumah sakit mengirimkan ambulance di jam 09.14 namun, ia justru menuliskan pukul 19.14.

Karena ambulance tak kunjung tiba, orang tua bayi menghubungi polisi namun semuanya terlambat. Akhirnya balita tersebut meninggal dunia dan mengharuskan kementerian kesehatan Australia kala itu meminta maaf secara resmi. Hal tersebut juga menjadi penyebab reformasi atas sistem tanggap darurat milik Australia.

Itulah kesalahan fatal karena typo. Karena hal tersebut, jangan lupa untuk mengkonfirmasi atau mengecek ulang penulisan terutama jika berkaitan dengan nyawa.