Mon. Jun 1st, 2020

Buat Feed Instagrammu Menarik Dengan Mengetahui Ukuran Feed Pada Instagram

Siapa yang membaca tulisan ini namun tidak menggunakan Instagram ? Wah… Sepertinya nyaris tidak ada. Media sosial yang dapat membagikan foto atau video sebagai konten utamanya ini sangat menarik perhatian sejak pertama kali muncul pada tahun 2010. Lalu, semua pemilik akun Instagram pun berlomba-lomba mengunggah foto mereka. Tema konten masing-masing pengguna pun sangat beragam. Kemudian, foto yang telah diunggah tersebut tersimpan dan dapat dilihat oleh semua pengguna Instagram lain (kecuali akun Instagram yang bersangkutan diatur menjadi privat). Ketika pengguna lain mengunjungi salah satu akun Instagram, tentunya mereka akan melihat sederet konten yang telah diunggah. Tampilan ini disebut sebagai feed. Jadi, feed adalah tampilah dari keseluruhan foto atau video yang ada pada akun Instagram kita.

Nah, bagi pebisnis yang menggunakan Instagram sebagai media promosi, tentunya feed Instagram yang unik dan kreatif dapat membantu untuk menarik minat konsumen. Foto produknya dapat kamu kerjakan sendiri. Tips cara membuat studio mini untuk online shop dapat menunjang foto produk yang bagus sehingga kamu dapat menampilkannya pada feed Intagram online shop-mu.

Sedangkan untuk personal, biasanya feed yang menarik akan memanjakan mata para followers maupun pengguna lain dan menjadikan kepuasan tersendiri bagi si empunya akun.

Membuat feed yang menarik harus memperhatikan beberapa hal. Seperti tema yang akan ditampilkan, filter yang akan membuat tone pada foto atau video menjadi senada, dan yang terpenting adalah ukuran foto yang akan membuat feed menjadi enak dilihat. Saat Instagram pertama kali diluncurkan, rasio foto Instagram haruslah 1:1. Barulah pada tahun 2015 ukuran foto Instagram bisa berbentuk persegi panjang.

Umumnya, Instagram mendukung semua foto dan video yang memiliki lebar 320 piksel sampai dengan 1080 piksel. Untuk kamu yang masih suka mengunggah konten dengan resolusi 1:1 atau berbentuk persegi, resolusi yang dapat kamu pilih untuk fotomu adalah 1080 x 1080 piksel. Nantinya, foto tersebut akan dikompres oleh Instagram dan membuat tampilannya menjadi 600 x 600 piksel. Sedangkan untuk foto yang berukuran landscape Instagram mendukung rasio 1,91:1 hingga 16:9. Untuk foto pada mode portrait, rasio yang akan ditampilkan adalah 4:5 atau 8:10.

Resolusi minimum yang didukung Instagram adalah 320 piksel. Jika foto atau video yang kamu unggah dibawah resolusi tersebut, Instagram akan menaikkan resolusi konten tersebut menjadi 320 piksel dan nantinya mengakibatkan kualitas foto atau video menjadi pecah.

Dan selanjutnya, berapapun resolusi foto yang kamu unggah, pada feed Instagram akan tampil dengan resolusi 1:1. Sehingga bagi kamu yang sangat memperhatikan tampilan feed untuk mengunggah foto dengan angle atau sudut yang baik agar tampil maksimal di feed Instagrammu.

Tampilan feed yang rapi tentunya akan menarik pengguna lain untuk mengunjungi akunmu. Kamu bisa mendapatkan banyak like dan menambah followers di Instagram. Apalagi jika kamu berbisnis melalui Instagram. Siapa yang tidak betah melihat satu persatu fotomu ?  Semoga menambah wawasan kamu ya..