Tue. Feb 18th, 2020

Fungsi Desain Produk Makanan Kemasan Terhadap Perkembangan Bisnis

Desain Produk Makanan Kemasan

Desain produk makanan mungkin terlihat sebagai bagian yang sederhana, tapi pada dasarnya hal itu merupakan karya yang harus dibuat dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan sesuatu yang menggugah minat. Terutama pada makanan kemasan, di mana desain yang baik akan memberi pengaruh pada psikologi orang yang melihatnya.

Hal tersebut membuat desain produk kemasan makanan memiliki beberapa fungsi yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Fungsi tersebut bahkan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis secara keseluruhan. Beberapa fungsinya adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai Wadah Distribusi Produk

Ketika makanan jadi akan didistribusikan ke tempat yang dekat maupun jauh, sudah pasti tidak bisa dikirimkan begitu saja di atas piring. Harus ada wadah yang tepat untuk tiap produk, supaya pendistribusian berjalan lancar. Contohnya saja, perusahaan ingin mendistribusikan keripik kentang ke berbagai pelosok Indonesia, supaya keripik tidak melempem dan mudah dibawa ke mana-mana, maka dibuat wadah dari plastik khusus.

  1. Sebagai Media Komunikasi dengan Calon Pelanggan

Makanan kemasan biasanya bentuknya tidak bisa dilihat secara langsung karena berada di dalam wadah khusus. Namun, untuk membuat orang-orang dapat memperkirakan seperti apa yang terdapat didalamnya, maka penggambaran lewat kemasan akan sangat penting. Contohnya saja, Anda menjual keripik singkong rasa keju, kemasan dengan warna kuning atau oranye dengan gambar keripik singkong akan sangat menggambarkan keripik tersebut. Itulah yang biasa dinamakan desain komunikasi visual, yaitu desain yang dibuat untuk berkomunikasi melalui visual.

  1. Menegaskan Identitas Perusahaan

Fungsi lainnya dari desain kemasan pada makanan adalah sebagai identitas suatu produk. Tidak heran mengapa tiap kemasan makanan memiliki ciri khasnya sendiri. Entah dari bentuk kemasannya, font yang digunakan menulis, gradasi warna, bahkan dari jenis makanan itu sendiri. Contohnya saja, kemasan kebab yang tidak sama dengan kemasan crepes.

  1. Sebagai Penyampai Informasi kepada Masyarakat
  2. Desain kemasan pada makanan juga menjadi media informasi bagi masyarakat. Informasi itu bisa mengenai apa yang ada di dalam kemasan, seperti apa rasanya pedas atau asin, ingredients, masa kadaluarsa, dan lain sebagainya.

Namun, yang paling penting adalah desain kemasan memiliki fungsi praktis, yaitu sebagai pengemas dan pelindung makanan sehingga tidak cepat rusak.