Mon. Jul 6th, 2020

Kuasai Hal ini Sebelum Menjadi Scriptwriter ya

scripwriter

Terlihat mudah namun menulis tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan untuk menuliskan tutorial menggunakan aplikasi pembuat video animasi, Anda tetap harus memikirkan urutannya agar mudah dipahami. Begitu pula dengan menjadi scriptwriter yang bertugas untuk membuat naskah siaran seperti radio.

Hal yang harus Anda pahami adalah, menulis naskah berbeda dengan menulis puisi, novel ataupun esai. Hal ini disebabkan karena sebagai scriptwriter, Anda juga harus menggabungkan elemen visual di dialog. Misalnya blocking dan mimic dari orang tersebut.

Karena hal tersebut, jika Anda ingin menjadi seorang scriptwriter, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda kuasai:

  1.   Menulis

Dasar utama menjadi seorang scriptwriter adalah menulis. Anda bisa memulai menuliskan novel atau cerita pendek terlebih dahulu dengan bahasa yang baik dan benar. Setelah itu, Anda bisa menambah kosa kata untuk memperkaya pengetahuan dan penulisan Anda. dengan begitu, tulisan Anda akan mudah untuk dipahami.

  1.   Observasi

Sebelum Anda mengetikkan atau menuliskan cerita atau naskah dalam buku/komputer, maka Anda harus mampu mengamati atau melakukan observasi. Misalnya saat berbicara yang benar itu seperti apa, saat menangis seperti apa ekspresinya dan apa yang harus dilakukan. Dengan proses observasi tersebut, Anda bisa menuliskan ide cerita yang nantinya dapat dikembangkan dengan baik.

menuliskan dialog
menuliskan dialog
  1.   Kreativitas

Seorang scriptwriter dituntut untuk bisa kreatif. Apalagi, jika Anda merupakan script writer untuk membuat iklan. Tujuannya adalah agar video tersebut terlihat menarik dan juga mencapai tujuan yang sudah ditentukan saat awal pembuatan video.

  1.   Keahlian dan keterampilan Interpersonal

Memang, sebagai seorang scriptwriter, Anda tidak bisa bekerja sendiri. Anda tetap harus bekerja sama dengan pihak lain misalnya direktur, produser, editor, kameramen, presenter ataupun yang lainnya. Jika Anda hanya terpaku pada diri Anda sendiri, walaupun Anda memiliki ide yang cemerlang, ide tersebut tidak akan bisa tersampaikan dengan baik.

Jika pun Anda merasa canggung jika berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, maka Anda bisa menggunakan media seperti power point, ataupun lewat orang lain. Selain itu, Anda juga harus memiliki sifat yang mau menerima kritik dan saran. Ini karena tidak jarang apa yang sudah Anda tuliskan akan diberi masukan, misalnya bagian A tidak sesuai dengan scene A.

Itulah beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang scriptwriter. Jika Anda termasuk salah satunya yang ingin mencoba berprofesi sebagai scriptwriter, maka Anda bisa berlatih dari sekarang.