Fri. Mar 5th, 2021

Perkembangan Media Sosial Dan Dampak Negatif Penggunaan Nya

Di zaman yang serba modern ini, telah banyak sekali sosial media yang dapat kamu gunakan dan install secara gratis melalui smartphone kamu.

Awal mula sosial media yang semakin berkembang adalah di tandai dengan kemunculan Facebook yang di temukan oleh Mark Zuckerberg, pemuda asal Amerika Serikat, hingga Instagram, youtube, WhatsApp yang mengikutinya dan ada beberapa saat ini yang telah di akuisisi oleh Facebook.

Beberapa jejaring media sosial yang saat ini semakin di minati di Indonesia adalah facebook, Instagram, Youtube, WhatsApp, dan lainnya. Dengan media sosial juga dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi, berbagi pengalaman dan momen-momen penting dalam hidup, serta berbagi pengetahuan.

Sosial media juga dapat membantu para pebisnis untuk memasarkan produknya melalui pemasangan iklan secara berkala. Tetapi, di balik semua manfaat media sosial yang dapat kita dapatkan, ternyata penggunaan media sosial yang berlebihan ini juga dapat membawa pengaruh buruk atau negatif kepada para pengguna nya, di antara nya adalah:

1.Menurunkan Sifat Bergaul

Penggunaan sosial media secara berlebihan, dapat membuat pengguna nya lupa untuk bergaul dan lebih senang dengan kesendirian. Hal ini di akibatkan karena pengguna sosial media tersebut merasa asyik sendiri sehingga tidak membutuhkan orang lain. Media sosial yang di gunakan secara berlebihan juga dapat membuat kita menjadi tidak begitu dekat dengan warga sekitar.

2.Menghabiskan Waktu

Terkadang, seseorang yang sudah kecanduan dengan media sosial membuatnya lupa waktu dan tidak menyadari sudah berapa lama dia mengotak-atik handphone nya dan terlalu asyik dengan gadget nya tersebut. Hal ini membuat waktu seseorang habis dengan percuma, nah sebaiknya kamu melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti membaca buku, belajar, dan lain sebagainya.

3.Mudah Termakan Hoax

Media sosial di kenal sebagai tempat beredar nya berita palsu dan tersebarnnya berita kebencian. Hal ini sangat sering kali di lakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, sebaiknya di saat kamu sedang asyik bermain sosial media, usahakan untuk tidak mudah terpengaruh akan berita dan informasi yang belum terbukti kebenaran nya, atau biasa di sebut juga hoax. Seperti belakangan ini telah beredar video tentang penculikan anak yang ternyata itu semua adalah video lama yang telah di edit oleh para penyebar hoax. Mungkin saja mereka menggunakan beberapa aplikasi video editor yang sangat canggih untuk menyebar berita palsu.

4. Mengundang Perdebatan Dan Permusuhan

Di media sosial tentu saja kita sering melihat postingan orang lain yang mungkin saja tidak sependapat dengan kita dan banyak juga orang lain yang ikutan terpancing sehingga bermusuhan dan ribut di sosial media tersebut. Waduh, tentu saja hal ini harus kita hindari ya. Abaikan saja atau blokir orang-orang yang membagikan postingan yang tidak kamu sukai, tapi jangan mengajak nya berdebat di sosial media tersebut.

Beberapa dampak negatif ber sosial media di atas tentu saja dapat kita hindari jika kita tidak mudah terpengaruh dan usahakan jangan berlebihan dalam menggunakan sosial media, gunakan seperlunya saja ya sesuai kamu membutuhkan nya!

Silahkan membaca artikel menarik lainnya pada magic blog ya!