Mon. Mar 30th, 2020

5 Cara Membuat Studio Mini Untuk Online Shop

Foto yang berkualitas tinggi sangat menunjang keberhasilan sebuah bisnis e-commerce, tidak terkecuali online shop. Karena secara tidak langsung, kualitas foto anda akan menentukan apakah seseorang akan membeli produk anda atau tidak. Karena keterbatasan calon pembeli yang tidak dapat melihat dan menyentuh produk anda secara langsung.

Maka dari itu, foto produk sangat di butuhkan dalam hal ini. Bagaimana kah menyiasati nya agar kamu dapat menghasilkan foto produk yang bagus dan berkualitas?

Melalui artikel ini kita akan membahas beberapa cara untuk membuat studio mini foto produk:

1. Siapkan Produk Yang Akan Di Foto

Produk yang kamu tampilkan harus terlihat terbaik pada foto atau laman promosi kamu. Pastikan untuk menyiapkan dan merapikan produk yang akan kamu foto tersebut. Misalnya, pakaian maka kamu harus menyetrika dan menggantung nya terlebih dahulu, atau kamu menjual jam tangan atau aksesoris lainnya maka kamu harus membersihkannya terlebih dahulu.

Periksa dahulu produk yang akan anda foto secara menyeluruh, dan jangan sampai ada cacat produk yang tidak kamu sadari.

2. Gunakan Backdrop

Backdrop atau dasar latar sangat di perlukan untuk pemotretan foto produk. Gunakan warna putih atau abu-abu untuk menghasilkan gambar produk yang sesuai dan dapat menangkap warna lain dari produk mu se akurat mungkin. Kamu juga dapat menggunakan bahan dasar seperti kain atau kanvas atau pun kertas karton.

3. Pencahayaan

Pencahayaan adalah kunci utama dari semua foto. Tapi usahakan untuk menghemat biaya dan gunakan lah pencahayaan secukupnya namun tetap dapat menghasilkan gambar yang berkualitas. Contohnya kamu dapat memanfaatkan sinar matahari langsung untuk studio mini mu, atau kamu juga dapat menggunakan lampu senter sebagai penerangannya.

4. Kamera

Kamera merupakan bagian inti dalam pembuatan foto produk. Kamu dapat menggunakan kamera apa pun yang kamu miliki saat ini, atau jika ingin menghemat biaya, dengan menggunakan smartphone juga kamu dapat memfoto produk. Atau jika kamu memiliki kamera DSLR, kamu juga dapat menggunakan mode manual untuk mengatur speed kamera.

5. Tripod

Untuk membuat studio mini online shop, kamu harus menyiapkan tripod. Selain untuk memfoto produk dari berbagai sisi agar foto terlihat jelas, fotografer juga tidak terlalu lelah dalam mengatur posisi kamera secara berulang-ulang. Oleh karena itu, magic blog menyarankan tripod juga harus kamu miliki.

Keahlian dalam memfoto juga sangat menentukan hasil foto produk yang akan kamu dapatkan. Maka, usahakan untuk mengambil jepretan semaksimal mungkin dan sesuaikan pengaturan kamera kamu di sepanjang pemotretan.

Saat ini, untuk membuat studio mini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, karena banyak hal yang dapat kamu manfaatkan sebagai peralatan setudio dan tetap menunjang hasil foto yang baik. Semoga sukses!