Fri. Jun 25th, 2021

Rating Websitemu Tak Kunjung Tinggi ? Inilah Penyebabnya

Menjadi website yang banyak dikunjungi bukanlah hal yang sebenarnya cukup mudah. Bahkan ada lho yang sampai rela membayar jasa SEO atau menerapkan semua strategi SEO. Tapi apakah ada diantara kamu yang telah menerapkan semua jurus dan teknik SEO namun website tak juga mendapatkan rating yang tinggi ? Jadi penyebabnya adalah situ websitemu tidak terindeks oleh Google, sehingga Google tidak dapat menemukan dan membaca situs website kamu. Dan hasilnya ya berpengaruh pada rating yang begitu-begitu saja.

Oleh karena itu, website kamu perlu terindeks oleh Google.

Sebuah search engine akan melakukan sebuah kegiatan bernama crawling sebelum mengindeks situs website. Mungkin kalian jadi bertanya-tanya, makanan sejenis apa crawling itu ? Crawling ini adalah proses pertama dari cara kerja sebuah search engine.

Jadi cara kerja search engine adalah :

  • Crawl : yakni si GGoogle Spider melakukan pencarian terhadap konten yang ada di internet lalu memeriksa kode ataupun konten dari URL yang mereka temukan
  • Index : Nah, sama seperti yang kita ketahui bahwa indeks ini adalah proses menyimpanan konten hasil crawl. Halaman yang telah di indeks selanjutnya akan dipertimbangkan untuk ditampilkan saat ada pengguna yang mencari dengan kata kunci yang relevan.
  • Rank : adalah proses terakhir yang akan dilakukan oleh Google untuk mengurutkan konten yang paling relevvan hasilnya dengan apa yang dicari oleh user.

Terindex oleh Google adalah hal penting. Tapi apakah semua website akan di indeks oleh Google ? Jawabannya tergantung pada konten websitemu. Sebab Google akan memilih untuk mengindex konten yang original dan baru. Sebab Google percaya website dengan konten website tersebut nantinya akan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk user mereka. Makanya jangan heran jika Google sangat selektif memilih konten untuk ditampilkan di laman hasil pencarian. Jadi kalau kontenmu isinya plagiat semua tentunya Google tidak akan mengindeks websitemu. Bisa dibilang, Google akan kebingungan mana sebaiknya website yang harus ditampilkan di ranking yang lebih tinggi.

Tak ada juga cara pasti untuk mengetahui apakah websitemu benar-benar terindeks Google. Tapi  ada hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat websitemu terindeks oleh Google yakni menggunakan Google Search Console atau Google Webmaster Tools. Bisa dibilang ini adalah salah satu tools SEO. Cara kerja tools ini adalah dengan memberitahu Google tentang websitemu, Selain itu kamu dapat memantau crawling, mengetahui indeks error dan permasalahan keamanan pada websitemu. Akun untuk menggungakan Google Webmaster Tools sama dengan akun Google Analytic.

Itulah alasan kenapa websitemu tak juga tampil sebagai urutan teratas pencarian dan beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk meningkatkan rating websitemu. Atau kamu perlu menambahkan konten seperti background studio foto kekinian pada websitemu. Semoga websitemu segera terindeks Google, ya!