Sat. Sep 25th, 2021

3 Tips Menulis Artikel Ilmiah, Sangat Mudah!

3 Tips Menulis Artikel Ilmiah, Sangat Mudah!

3 Tips Menulis Artikel Ilmiah, Sangat Mudah!

Menulis artikel ilmiah menjadi aktivitas penting bagi jasa penulis artikel seo yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa. Mempelajari pengertian dan tips membuat artikel ilmiah dapat membantu anda untuk mengerjakan tugas dengan baik. Namun, masih ada pelajar atau mahasiswa yang belum memahami bagaimana cara membuat karya tulis ini.

Artikel ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk lebih sederhana. Tujuannya untuk menjadikan sebuah referensi mengenai suatu penelitian agar dapat dikaji ulang. Dalam dunia pendidikan, menulis artikel ilmiah bisa menjadi latihan untuk para siswa sebelum menghadapi proses pembuatan skripsi di jenjang perguruan tinggi.

Penelitian yang disajikan dalam bentuk karya tulis ini tidak terlalu berat, isi tulisannya berupa pendapat subjektif dari penulis. Pelajar atau mahasiswa yang suka menulis artikel ilmiah, biasanya memiliki minat analisis tinggi. Dalam penulisannya, anda harus bisa menyampaikan pesan berupa hasil penelitian secara sederhana dan mudah dipahami.

  1. Judul sebagai Komponen Utama dalam Menulis Artikel Ilmiah

Memilih judul saat menulis karya tulis ilmiah harus mengandung masalah yang mendorong dilakukannya penelitian. Oleh sebab itu, dalam menentukan judul artikel ilmiah, penulis harus memikirkan terlebih dahulu topik yang hendak diteliti. Dibutuhkan berbagai proses hingga bisa menemukan judul paling tepat dalam penulisan artikel ilmiah.

Proses tersebut dimulai dari observasi, tujuannya agar anda dapat mengetahui permasalahan yang terjadi. Selanjutnya, tentukan topik pembahasan yang lebih spesifik. Contohnya, jika menemukan sebuah permasalahan mengenai menurunnya daya beli konsumen terhadap suatu produk, maka anda bisa memilih topik penelitian terkait dengan bidang marketing.

Setelah itu, anda bisa menentukan tujuan dan manfaat dari penelitian untuk menemukan judul artikel. Pemilihan kata dalam judul tidak boleh berbelit-belit agar mudah dipahami oleh pembaca. Judul juga harus unik agar pembaca tertarik untuk mempelajari artikel ilmiah yang anda buat.

  1. Menyusun Kerangka

Sebelum menulis artikel ilmiah, anda bisa membuat kerangka untuk menentukan susunan pembahasan dalam sebuah artikel. Tujuannya agar anda mendapatkan guideline atau panduan saat menulis. Sehingga, proses penulisan artikel tinggal mengikuti alur, serta menjadi lebih efisien dan mudah.

Selain itu, susunan kerangka juga bisa mencegah tulisan keluar dari topik pembahasan. Hal tersebut memudahkan anda untuk menulis sesuai dengan masalah, judul, serta tujuan penelitian. Dalam prosesnya, anda bisa mengikuti poin susunan kerangka, sehingga tidak akan ada pembahasan yang tertinggal.

  1. Sebaiknya Tidak Sering Memeriksa Artikel yang Belum Selesai

Saat menulis, seringkali anda suka membaca ulang tulisan sebelum menyelesaikannya, untuk memastikan bahwa bahasa yang digunakan sudah tepat. Hal tersebut akan membuat anda tidak bisa menyelesaikan tulisan dengan cepat. Maka, dalam pembuatan karya tulis, sebaiknya menuliskan apa adanya terlebih dahulu.

Anda bisa memeriksa ulang dan memperbaiki peletakkan bahasa yang kurang tepat setelah selesai menulis. Dengan begitu, waktu pengerjaan anda menjadi lebih efesien dan berpotensi menghasilkan tulisan dengan kualitas baik. Pemeriksaan tulisan bisa dilakukan setidaknya 2 kali setelah selesai dibuat.

Meski merupakan karya tulis yang mengandung pembahasan hasil penelitian, artikel ilmiah tetap harus ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Anda harus memperhatikan hal-hal kecil, seperti meng-italic istilah asing untuk memudahkan pembaca mencari tau arti dari istilah tersebut.

Karya tulis ilmiah tidak hanya berguna untuk membantu menunjang nilai tugas, tetapi juga bisa dibuat agar pembaca mendapatkan informasi secara singkat dan valid terkait suatu topik permasalahan. Oleh sebab itu, anda juga bisa menulis artikel ilmiah untuk kepentingan blog atau website.